Minggu, 06 Agustus 2017

Permainan dan Kenangan Anak Ingusan

Bismillah

Salaam Sobat, 
Ketemu lagi sama Dinu ya. Masih di channel one day one posting challenge dari Blogger Muslimah. Kali ini ingin membahas salah satu mainan jaman dulu, yang lumayan favorit, terutama di kalangan anak perempuan. Nah, kalau Sobat semua lirik gambar di bawah ini, itulah clue-nya.

Sumber: Facebook


Ada yang menyebut BP, entah sampai kini saya belum paham singkatan dari apa. Tapi saya lebih senang menyebutnya orang-orangan saja.

Lihat gambar ini muncul, semula dari salah satu postingan di Facebook. Dan langsung mengingatkan saya ke zaman anak-anak dulu.

Dulu, ayah saya--biasa saya panggil Abah, kerap bolak-balik Cirebon-Bandung. Awalnya hanya karena urusan pekerjaannya. Semakin ke sini, barangkali Abah melihat anak-anaknya sering main orang-orangan yang gambarnya di atas tadi. Sehingga, suatu hari dan sekian kali berikutnya dia pulang sembari membawa banyak mainan, termasuk si BP. Sampai berjumlah beberapa lembar. Supaya anak perempuannya tidak melulu ke warung membeli BP, mungkin demikian maksudnya.

Lalu, ide pun muncul. Melihat gambar yang dibawa dari Bandung banyak jenisnya, variatif. (Kalau tidak salah ada seri bertema kerajaan, pangeran dan putri begitu deh). Maka, atas saran orangtua saya pun menjual ke teman-teman. Memanfaatkan momen sebab sedang booming. Apalagi, koleksi yang ada di saya menarik-menarik.

Lucunya, berhubung yang jual pun senang banget dengan orang-orangan itu, jadi sebelum buka lapak, dipilih-pilih dulu mana yang bagus. Tiap tema saya pilih satu hingga dua lembar, dan saya simpan di atas lemari belajar. Baru sisanya dijual. Haha. Kelakuan anak-anak. Tapi dari kisah ini, saya jadi yakin, berdagang dan jualan-jualan itu memang sudah saya sukai dari kecil.

Cirebon, 6 Juli 2017

#ODOP5
#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia


4 komentar:

  1. Mainan kesukaan aku!! Aku sampai menjelang nikah masih simpen koleksi BP aku. Orangnya cuma satu, tapi bajunya satu plastik besar hahahahaha
    Agak nyesel karena pas mau nikah sok dewasa trus koleksi BP aku hiabhkan ke ade yang baru SD. BP yang selalu aku eman-eman langsung ancur dalam sekejap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, fans berat banget berarti itu yaa, sampai bajunya aja seplastik. Hi hi. Punya saya, tak ada jejaknya malah, padahal ngoleksi banyak

      Hapus
  2. Aku juga suka main ini saat SD, jadi kangen, he.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang seru itu di bagian gunting2nya ya.. trus sama gonta ganti bajunya, hehehe ^__^

      Hapus