[RESENSI]
:: Masa Lalu Milik Masa Kini ::
Judul buku: BAIT SURAU
Kategori: Novel
Penulis: Yus R. Ismail dan Rakha Wahyu
Penerbit: Two Synergy Publisher
Cetakan: 1, Januari 2012
ISBN: 978-602-98455-9-4
Mobil SUV yang dikendarai Rommy serabutan malam itu. Sementara, di sampingnya, Nadia meraung ketakutan. Rommy berang, karena satu berita yang disampaikan Nadia. Kabar bahagia bagi wanita itu, tapi tidak menurut Rommy.
Nadia tengah mengandung dan kehadiran anak bagi Rommy hanya akan membuatnya semakin terkekang, terikat. Lebih-lebih untuk pria yang menghendaki kebebasan sepertinya. Termasuk menduakan Nadia, berhubungan dengan wanita lain manapun, berapapun sesuka nafsu. Dan kejadian satu malam tersebut melulu berulang di benak Rommy berbulan kemudian. Menghantui sosok pria pemimpin perusahaan itu.
Dalam keadaan hilang arah, Rommy memutuskan mencari Rhamdan. Meski mulanya Rhamdan menolak kedatangan Rommy, dia menerima pada akhirnya. Mencoba melupakan sakit hati yang digoreskan Rommy padanya. Dan itu berkaitan dengan Nadia.
Abah, ayah Rhamdan, yang mengais rizki dari usaha membuat batu nisan, perlahan dan tanpa Rommy sadari, membimbingnya. Rommy yang tidak pernah tergugah untuk beribadah, perlahan memberanikan diri menanyakan tentang tata cara salat. Bahkan selanjutnya membuang rasa malu, ikut belajar membaca iqro di surau yang hampir roboh dan bila hujan kebocoran.
Kehidupan di Jakarta, perusahaan, rumah mewah benar-benar Rommy lupakan. Dia justru asik menikmati menemani Rhamdan yang kesehariannya menjadi nelayan. Siti, kakak Rhamdan pun turut mewarnai kehidupan baru Rommy. Tiap hendak melaut, gadis berwajah bersih berjilbab tersebut tak pernah absen mengantarkan bekal. Dengan senyuman khas yang membuat Rommy bimbang.
Sampai pada satu momen, Rommy tersadarkan akan masa lalu kelamnya, saat batu-batu nisan di depan rumah Ramdhan membuat dia teringat kembali pada Nadia yang selalu dia sia-siakan.
Apakah Rommy akan kembali ke Jakarta? Menambal lubang-lubang masa lalunya agar dapat ditinggali di masa kini? Atau memilih tetap di Desa Samadikun, membuang jauh masa lalu, dan banting setir menjadi pencari ikan di sebuah kampung nelayan di daerah pesisir utara?
Membaca novel Bait Surau--yang diangkat pula ke layar lebar--satu-satunya hal membuat saya terkecoh adalah pada bagian ending. Saya sempat menebak A, tapi kemudian ada narasi yang serta merta membantah. Lalu, saat menebak B, berparagraf kemudian terjadilah C.
Kisah pertobatan Rommy di sini cukup natural. Meski selanjutnya saya mengendus seperti disampaikan dengan terburu-buru, demi mencapai ending yang lain dari kebanyakan cerita serupa. Penokohan 2 sahabat Rommy pun agak kurang konsisten menurut saya. Teman clubbing dan minum, tapi pandai menasihati soal kesetiaan. Lebih tepatnya barangkali tidak terlalu sreg, terutama pada tutur di satu dua dialog.
Tema soal masa lalu yang dibahas di sini, cukup mengena. Bahwa "masa lalu milik masa kini" yang hendak disampaikan benar adanya. Bila lain pihak berprinsip 'masa lalu biarlah berlalu, lupakan saja'. Maka, di kisah ini sejatinya masa lalu sampai kapanpun adalah bagian dari waktu yang dijalani kita di masa kini. Perihal bagaimana masa lalu tersebut--khususnya yang buruk--tidak menjadi mimpi yang menghantui, tergantung tiap individu mengkompromikannya.
*
Behind the book:
Novel Bait Surau ditulis untuk melengkapi layar lebar-nya yang bertajuk sama. Meski kemudia dalam penggarapan film-nya, tim mengalami beberapa kendala. Dan baru sekitar akhir tahun 2015 kemarin film itu akhirnya dirilis, tayang di seluruh bioskop Indonesia.
Minggu, 10 April 2016
Jumat, 01 April 2016
GA 8 HMK
" ... . Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu."
(Penggalan kalimat akhir dari Al-Quran surat Al-Hadid ayat 20)
Sudah sunnatulloh manusia diciptakan sebagai makhluk yang tak bisa lepas dari khilaf, melakukan salah, dan cenderung suka berbuat kesenangan dalam hidup ini.
Dan penggalan dari ayat di atas, barangkali telah sekian kali sampai ke telinga. Barangkali dari kajian di masjid, khutbah salat Jumat, atau taushiyah (ceramah skala kecil) di acara-acara sederhana tertentu. Namun, begitulah, sekian kali pula hal pengingat tersebut berlalu dan terlupa. Selesai begitu kita pun melenggang dari tempat disampaikan nasihat tersebut. Seolah kematian hanya 'ada' di sana.
Memilukan hati diri sendiri juga. Betapa diri ini teramat kerdil. Lalu, bila kemudian benar-benar terjadi--tepatnya bisa kita sadari-ketahui--jika waktu yang tersedia untuk kita menapak, bernapas di dunia ini tinggal 8 hari lagi, apa yang akan dilakukan, wahai diri?
3 Hari Pertama
Mencari sekaligus mencatat segala hutang. Berupa janji kah, materi kah, semua diusahakan diingat. Selanjutnya mungkin saya hanya dapat berwasiat pada anggota keluarga dewasa, jika saya masih memiliki beberapa hutang. Memberikan catatan tersebut.
Memberitahukan 'materi fana' yang saya miliki untuk nanti dibayarkan. Mungkin juga sembari meminta apabila kekurangan, tolong digenapi. Mohon keikhlasannya. Merepotkannya diri ini ya ....
4 Hari Berikutnya
Hanya akan meminta maaf, maaf, maaf dan maaf pada, khususnya keluarga, sanak famili. Mohon disampaikan pula pada kerabat, sahabat lain. Mohon bersedia mengikhlaskan segala khilaf semasa hidup. Apakah menyakiti melalui lidah, lidah, lidah, perbuatan, pikiran kotor yang terlintas begitu saja tanpa direncanakan maupun yang ada skenarionya.
1 Hari Selanjutnya
Mempersiapkan kain kafan, dan semua hal. Meminta bantuan pastinya. Sembari memohon maaf, maaf, maaf telah sedemikian merepotkan.
Pada saat hari itu tiba, semoga saja lidah ini tidak kelu pun kaku menyebut asma Alloh, laa ilaha illa Alloh.
Astagfirullohaladhiim. Betapa tulisan ini pun barangkali kelak akan diperlihatkan kembali. Apakah tujuanmu yang paling hakiki saat menuliskan ini duhai diri?
Diikutkan pada lomba ini
Jumat, 25 Maret 2016
Suatu Hari, Bunga Kertas Krep dan Suatu Hal
Bismillah
Lama tidak tulas tulis tulus di sini. Kali ini saya sedang teringat dengan satu momen hari terkait "minat dan bakat" anak.
Ketika mengisi jadwal ekskul 'iqro' seperti biasa di TK, satu anak lelaki yang mendapat giliran tak juga kunjung keluar kelas untuk menemui saya. Dengan pikiran daripada membuang waktu, saya panggil anak lain dulu.
Lalu selang sekian menit, mungkin karena dipanggil terus menerus teman-temannya, anak itu--sebut saja Pasha--datang menghampiri saya, duduk di kursi yang biasanya. Dari awal berjalan keluar kelas sampai duduk tadi dia menangis, sesenggukan. Mirip saat remaja patah hati. Mata Pasha tak sedikit pun melirik ke arah saya--malu barangkali, padahal gayanya yang biasa itu; pecicilan, tidak mau diam, banyak bergurau. Sembari terus terisak, Pasha mulai melafalkan 'bismillah', tapi tetap dengan tangan yang sibuk menggaruk.
Mendengar isakannya tidak kunjung berhenti, saya hentikan dulu 'prosesi' belajar membaca huruf hijaiyah tersebut. Dan mengajaknya ngobrol. Tangan Pasha masih sibuk. Hampir semua jarinya lengket plus dipenuhi kertas krep warna warni. Teman-temannya yang malah menonton (biasa lah, ya, anak-anak), saya minta masuk kelas. Dalam keadaan berurai air mata, disaksikan berpasang mata, bahkan saya sendiri pun risih, tidak mau.
"Pasha kenapa?" Saya memulai obrolan, sambil berharap itu tidak akan terlalu lama.
"Aku-nggak-bisa ...," akhirnya keluar juga kata-kata. Masih terbata, sebab tangisan.
"Kan nanti dibantu ...," ujarku. Cemas, kalau tangisnya disebabkan takut pada saya. Iya, pertemuan lalu-lalu dia memang sering mengulang halaman yang sama.
"Bukan. Aku nggak bisa tempel-tempel kertas." Beberapa anak juga tahu-tahu sudah di pintu kelas. Membocorkan kejadian yang membuat Pasha sesenggukan. Kreasinya gagal melulu. Alhasil, barangkali dia tertekan. Sementara temannya sudah selesai, dia justru terus mengulang.
"Emang bikin apaan tadi di kelas?"
"Bunga." Saya perhatikan lagi jari-jari Pasha yang belepotan. Bunga macam bagaimana? Tanya hati. Kalau rumit, agaknya kasihan juga anak-anak TK kelas B ini. Seperti paham, satu anak berseru, menunjukkan bunga yang dimaksud.
Oh, rupanya bentuknya hanya pilinan kertas krep di sebatang lidi. (Seperti foto di atas). Sebetulnya masuk kategori sederhana. Tapi, bagi Pasha tidak.
"Aku nggak bisa," ucapnya lagi. Isakan sudah berkurang.
"Tapi nggak dimarahi Bu Guru, kan?"
"Nggak."
"Ya, udah, cup, jangan nangis lagi, ya? Bu Guru juga nggak marah, kan? Nggak apa-apa sekarang nggak bisa. Besok mungkin bisa. Okey?" Hibur saya, sambil mengusap punggung-menepuk bahu.
Pasha menatap saya, mengangguk, tersenyum.
"Daah, sekarang yook kita lanjut baca. Kasihan nanti teman lain nggak kebagian." Saya akhiri percobaan meredakan tangis itu.
*
Dari kisah Pasha yang tampaknya agak susah dalam hal kreasi kerajinan tangan, sekali lagi menjadi kesimpulan (pengingat diri sendiri) bahwa tiap anak tidak bisa disamakan alias berbeda minat dan bakatnya.
Saya sendiri bahkan termasuk yang 'lemah tangan' kalau sudah berurusan dengan kerajinan tangan. Semisal membuat ikat rambut dan sebangsanya dari benang wol ataupun benang rajut.
Itu yang terkategori anak sebagaimana umumnya. Lebih 'menarik' lagi dengan anak berkebutuhan khusus.
Saya juga menjadi belajar; membiarkan, membebaskan, mengikhlaskan kesukaan si kecil terhadap satu hal lebih dibanding hal lainnya. Namun, tetap saja, saya berprinsip mesti ada arahan. Dan minimal mengenalkan hal lain yang tidak terlampau disukai anak. Entah kegiatan, hobi sampai makanan.
Kalimat saat bercakap-cakap dengan si buah hati pun sedikit banyak berbeda. Kalau terhadap anak semisal Pasha bisa lembut seperti di atas. Maka pada si kecil--yang terkadang masih ada kata/kalimat yang dipahami dia sendiri, saya harus lebih lembut, banyak membujuk, memeluk. Atau sekali waktu malah sebaliknya, sedikit 'galak', menyesuaikan kondisi (ah, atau tepatnya, saat itu sedang minim kesabaran). Yang jelas, saya mengusahakan betapa kelak, di dunia yang ia tapaki saat-saat selanjutnya, ada banyak hal 'rumit' yang mesti dihadapi. Dia harus bisa mencoba mengerti keumuman dunia, alih-alih dunia yang memahami kekhususannya.
Lagi-lagi tentu semua sebagai tindakan preventif. Saya ingin si kecil tetap menjadi dirinya sendiri. Dengan kelebihan-kekurangannya. Dengan minat-bakatnya (yang bagaimanapun tetap bisa positif dan bermanfaat). Sebab akan sampai pada masanya orangtua memiliki batas dari membersamai sang anak.
Sleman, 25 Mac 2016
Selasa, 29 Desember 2015
[Resensi] Novel Bulan Nararya
Sisi Psikis Sang Terapis
Judul
Buku :
BULAN NARARYA
Penulis :
Sinta Yudisia
Genre : Fiksi Psikologi
Penerbit :
Indiva Media Kreasi
Editor :
Mastris Radyamas
Desain
Sampul : Andhi Rasydan & Naafi
Nur Rohma
Cetakan : I, September 2014
Tebal : 256 halaman; 19 cm
ISBN : 978-602-1614-33-4
Harga : Rp. 46.000,-
Permusuhan menciptakan kesepian—juga
kekuasaan. Aku merasa lebih bertahta
Meski terisolasi. Membangun dinding.
Mengunci diam. (halaman 7)
Nararya yang biasa dipanggil Rara, bekerja di salah satu klinik rehabilitasi mental milik Bu Sausan di Surabaya. Sebagai salah satu terapis di bagian schizophrenia, membuatnya bersahabat dengan Yudhistira yang identik dengan tisu, semprotan disinfektan di saku baju-celana, Pak Bulan yang terobsesi dengan purnama dan Sania yang hanya mengenal kata ‘benci’.
Dengan ketiga orang itulah Nararya sangat terikat secara
emosional. Akrab, menganggap mereka sebagai teman sendiri. Ketika merasa teman
lainnya yang ‘normal’ tak cukup mengerti dirinya. Lara hati Nararya yang
terlanjur menganga bahkan dilipur oleh keberadaan mereka. Atau barangkali lebih
tepatnya, Rara yang lebih memilih bersama mereka.
Kisah dibuka dengan Rara yang
diberitahu ada meeting di klinik oleh Moza. Dari sinilah kemudian
pembaca digiring pada percakapan antara Rara dan Moza yang cenderung seperti
perang dingin. Ditambah ide baru Rara dalam menyembuhkan para klien dengan metode
transpersonal: suatu aliran baru
psikologi yang menyembuhkan penderita gangguan mental dengan pendekatan budaya,
pengalaman puncak seperti Sufi, Shaman, Tao, Tantra, Zen (halaman 256), membuat
Moza yang dulunya sahabat karib Rara, semakin berjarak dengannya.
Bila di klinik Rara harus bergulat dengan
para klien, maka sebetulnya dia pun mesti berjibaku dengan kondisi diri plus
hatinya sendiri. Rara mati-matian berpura-pura jika selepas pernikahannya
dengan Angga kandas, dia baik-baik saja. Sebab nyatanya adalah kebalikannya. Wajar
tentu, ketika sahabat sendiri terendus intim dengan sang (mantan) suami,
setelah pernikahan menginjak usia 10 tahun.
Di ruang manapun bila dia pulang, bayang-bayang
Angga masih menghantui. Pertemuan pertama dengan Angga di satu seminar, momen spesial
saat Angga melamar, hingga sikapnya yang penuh perhatian. Lalu pengkhianatan
itu. Terus berputar-putar di tempurung kepala Rara. Problem itulah yang agaknya
menjadi pangkal konflik batin Nararya, si tokoh utama. Yang bahkan secara
pribadi mengalami gangguan, semacam sulit tidur lalu terkadang ada
halusinasi-halusinasi yang dialami.
Kisah selanjutnya bergulir pada
usaha Nararya melakukan mediasi dengan keluarga—ibu, tiga kakak perempuan dan
istri—Yudhistira (seorang pengidap schizoprenia) yang alot. Namun, dari
pertemuan-pertemuan itu Nararya menemukan benang merah apa yang menjadi pemicu
atau penyebab Yudhistira yang teramat menyukai melukis terkena schizophrenia.
Ketegangan hari-hari Nararya di
klinik muncul saat kemudian Nararya sering merasa di depan ruang kerjanya ada
sesuatu yang mengetuk-ngetuk pintu, suara gesekan kaki ke lantai dalam nada
cemas, dan seseorang entah siapa di balik sana. Sisi psikis Nararya sejak itu
semakin terganggu. Terlebih pada kenangan hubungannya dengan Angga yang
sejatinya benar-benar tidak mampu ditepis.
Sampai … di satu hari hendak pulang,
saat memberanikan membuka pintu—sebab suara-suara halus itu sampai lagi ke
telinga—di depan ruangan kerja Nararya berserakan beberapa kelopak mawar yang
tercerabut dari tangkainya. Juga yang paling membuatnya shok, ada tetes-tetes
darah pekat berceceran di sana. Anggalah yang pertama kali ada saat Rara kalap
ketakutan. Lebih-lebih ketika ditengoknya kembali lantai di depan pintu tadi, tak
ada apapun di sana. Sedikitpun jejak atau bekas. Membuat semua positif beranggapan
bila Nararya sang terapis juga telah terganggu psikisnya.
Nararya berusaha membuktikan apa
yang terjadi dan dialaminya bukan halusinasi belaka. Bahwa itu kenyataan. Ada seseorang
tampak ingin memberi isyarat. Jika Nararya sangat berarti untuknya. Namun,
dengan ungkapan dan ekspresi semacam itu. Tapi, siapa kira-kira dia? Apakah Pak
Bulan yang memang hobi menanam bunga mawar bahkan memiliki kebun kecil khusus
di klinik? Atau Yudhistira, klien yang terkadang melambungkan angan Rara, jika
hidup bersamanya dapat lebih baik dibanding dengan Angga dulu? Atau barangkali
Angga, yang setelah itu Rara merasa mulai mendekatinya lagi, memberi sinyal
seolah ingin kembali?
Membaca Bulan Nararya, seperti
berkaca pada kehidupan. Sehebat apapun seseorang selalu ada kekurangan. Bahkan
Bu Sausan sang pemilik klinik, dulunya mengalami beberapa gangguan mental
termasuk baby blues ketika usia muda.
Betapa kondisi psikologi seseorang juga lebih banyak dipengaruhi faktor eksternal.
Alur dan plot novel Sinta Yudisia
yang satu ini, sedikit terkesan kelam. Barangkali bersebab tema psikologi yang
menjadi bahasan utama. Beberapa istilah dalam ilmu psikologi yang akan pembaca
temui di sini serta merta menambah wawasan. Dan kisah yang disajikan juga
memberi pembelajaran, jika seseorang yang mengalami gangguan mental sejatinya
dapat dibantu untuk pulih dengan tetap ada interaksi dengan anggota keluarga.
Sinta Yudisia—yang memang sedang menyelesaikan studi Magister Psikologi Profesi
ini—seperti hendak ‘menyindir’ secara halus. Sebab di banyak kenyataan,
keluarga yang salah satu anggotanya mengalami gangguan mental, lebih memilih
tak mau tahu dengan apa yang terjadi dengannya. Bagian inilah yang dikritisi. Karena
sikap menolak keluarga justru memperburuk keadaan.
Bila ditilik saksama dari awal
hingga akhir, tak ada klimaks yang benar-benar klimaks di novel Bulan Nararya
ini. Kecuali pada plot-plot ketika Nararya ‘diteror’ dan pada aksinya yang
berusaha menyibak pelaku sekaligus untuk membuktikan bila dia ‘sehat’ tanpa
gangguan mental. Selebihnya, alur serasa sangat lambat dan syahdu. Bagai berada
di pantai dengan embusan angin sepoi-sepoi dan helaan napas lembut. Ending pun
ditutup dengan scene yang sama lembutnya. Percakapan antara Yudhistira dengan Nararya sebelum Nararya pergi dari
divisi mental yang selama ini dipegangnya.
Novel peraih "Juara III Kompetesi Menulis Tulis Nusantara 2013 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia" untuk kategori novel ini, patut duacungi jempol. Sebab riset yang dilakukan bukan sekadar pada setting tempat atau waktu, melainkan lebih dalam yaitu pada karakter-karakter manusia. Terutama pada orang dengan gangguan mental, dan ini bahkan bisa terjadi pada siapa saja, hatta seorang terapis sekalipun.
Yang
menjadi nilai plus lain pada novel ini mungkin pada kalimat-kalimat nasihat (Bu
Sausan) yang beberapa ditujukan pada Nararya. Tapi dapat pembaca resapi pula untuk
terapi diri sendiri. Dari novel ini juga pembaca dapat belajar melihat dan
memahami sesuatu hal lebih berbeda dari sebelumnya.
“Mengapa hanya matahari yang boleh
terlihat di siang hari? Sesekali aku melihat bulan saat pagi dan terang.”
Melihat semesta dengan hati,
berbicara dengan kulit, membaca sesuatu dengan telinga dan mencoba memahami
kalimat dengan mata.
Halaman 255
***
Peresensi: Dini Nurhayati
Cirebon, 29 Desember 2015
Minggu, 20 Desember 2015
[Resensi] Novel Pulang: Kapan Pulang Dilayar-lebarkan?
Kapan Pulang Dilayar-lebarkan?
Judul buku : PULANG
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika Penerbit
Cetakan : VIII, November 2015
Tebal : iv + 400 halaman
ISBN : 978-602-082-212-9
“... Sungguh, besok
lusa kau akan pulang. Jika tidak ke pangkuan Mamak, kau akan pulang pada
hakikat sejati yang ada di dalam dirimu. Pulang ....”
(hal. 24)
Usai membasmi kawanan babi hutan di rimba
Sumatera, Bujang ikut serta dengan rombongan pemburu, ke Kota Provinsi. Sesuatu
yang ternyata telah dijanjikan oleh Samad, bapaknya, belasan tahun lalu. Bujang
sendiri memang menginginkan itu. Pergi dari talang, kampung halamannya. Pergi
menjauh dari bapaknya sendiri—yang diam-diam dia benci.
Dengan serentetan pesan itulah,
Bujang diijinkan Mamak pergi. Mamak juga berkali-kali menekankan pada putra
semata wayangnya tersebut, agar Bujang tidak sekalipun, tidak sedikitpun, mengisi
perutnya dengan sesuatu yang haram—makanan pun minuman. Alasan terbesarnya adalah
supaya kelak, bila masa itu tiba, jiwa Bujang dapat terpanggil pulang, setelah
apapun yang dia lakukan, setelah apapun yang dialaminya. Mamaknya sungguh sudah
paham kehidupan macam apa yang akan dijalani Bujang. Itulah mengapa, di
menit-menit terakhir kebersamaan mereka, Mamak terus membuatnya berjanji dan meyakinkan
diri agar itu dipegang teguh Bujang. Agar setidaknya ada ‘kebaikan’ dalam tubuh
anaknya.
Maka, jadilah Bujang si Babi Hutan
diangkat anak oleh Tauke Besar, pemimpin rombongan pemburu sekaligus Keluarga
Tong. Salah satu keluarga yang menjalankan shadow
economy. Dan termasuk yang berperan penting, di balik semua situasi politik
negeri. Di Kota Provinsi, Bujang rupanya disekolahkan oleh Tauke Besar, bahkan
tidak dibiarkan terluka. Hal yang mulanya tidak disukai Bujang. Karena dia menginginkan
beraksi seperti anggota Keluarga Tong lainnya. Menjadi tukang pukul,
sebagaimana keinginannya.
Bujang, anak talang di lereng Bukit
Barisan Sumatera, berusia 15 tahun, tak pernah sekolah, ternyata anak cerdas.
Maka dengan mudah dia dapat menyusul ketinggalan tiga masa pembelajaran.
Melewati SD, SMP dan SMA. Bahkan, kemudian dia juga dapat dengan lancar
melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Hingga mampu menyelesaikan
dua master di universitas luar negeri. Sembari belajar, Bujang Si babi Hutan
pun bergantian berlatih berlari bersama Kopong, ilmu ninja pada Guru Bushi dan
menembak pada Salonga.
Semua berjalan seiring meningkatnya
bisnis dunia hitam Keluarga Tong plus perubahan status keluarga tersebut yang
semakin besar. Dari Kota Provinsi, Bujang dan seluruh anggota Keluarga Tong pun
pindah ke Ibu Kota. Dari sinilah, alur cerita bergulir dan konflik mulai muncul.
Suatu hari, Mamak Bujang dikabarkan wafat melalui sepucuk surat yang dikirim
Bapak. Lalu menyusul dengan kematian bapak. Gesekan dengan Keluarga
Lin—kelompok penguasa bisnis dunia hitam atau shadow economy di Makau. Sampai puncaknya yaitu, pengkhianatan
dalam Keluarga Tong sendiri, oleh seseorang yang tak pernah disangka Bujang. Di
saat terjadi konflik tersebut, Tauke Besar yang memang sudah tua (70 tahun) dan
sakit-sakitan akhirnya meninggal. Dengan begitu, tiga lapis tameng ketakutan
yang Bujang akui sebagai kekuatannya, roboh. Memunculkan kembali rasa takut
yang hilang 20 tahun silam usai dia mengalahkan babi hutan terbesar di rimba Sumatera.
Yang mengherankan Bujang, momen kematian tiga orang terpentingnya kerap
berbarengan dengan kumandang adzan Shubuh. Menyebabkan dia bertambah benci pada
panggilan salat itu.
Membaca novel Pulang, mengingatkan pada
“Negeri Para bedebah” (yang belum saya baca lalu mengira-terka isinya seperti ini kurang lebih), khususnya di bagian tentang shadow economy. Penceritaan soal
bagaimana di hampir semua elemen penting negara, kekuasaan dunia hitam,
konspirasi dan seputar itu memegang peranan, membuat saya bertanya-tanya
sekaligus merasa ngeri. Dan meski tidak persis seperti dalam cerita, saya
memercayai beberapa hal itu memang terjadi, entah di bagian mana.
Disampaikan dengan alur maju mundur,
membuat novel ini menarik untuk diikuti. Tere Liye bisa dibilang piawai dalam
menutup tiap chapter dengan
mengundang penasaran di benak pembaca. Alhasil, novel setebal kurang lebih 400
halaman ini, asik dibuka lembar demi lembar. Apalagi dengan bumbu action ala film Holywood, gabungan
antara film mafia, James Bond dan ninja. Dengan alur yang bertahap menjadi
seru, mampu mengobati rasa bosan di bab-bab awal yang hampir membuat saya
mengira tone novel ini akan selambat
“Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin”.
Well, untung saja tidak.
Ada beberapa catatan saya dapatkan
usai membaca novel Pulang karya Tere Liye ini. Penggambaran tokoh Bujang minim.
Dari segi ciri khas fisik. Hanya disebutkan secara umum saja, semula remaja (talang)
yang terbiasa tanpa alas kaki menjelma pria dewasa yang gagah, kuat, tak
terkalahkan meski tidak tinggi besar. Ditambah selanjutnya cerdas, jenius
bahkan, menjadi sesuatu yang dipaksakan demi ketersambungan kisah dan takdir
sosok Bujang di sini. Mungkin bukan satu hal krusial, hanya mengingat ini kelas
novel, sepertinya ada cukup ruang untuk mengidentifikasi tokoh Bujang.
Setting khusus yang menyebut talang, Bukit
Barisan dan rimba Sumatera kurang tereksplor. Lain soal dengan setting seperti
Kota Provinsi dan Ibu Kota yang dalam penyebutannya tidak spesifik. Tapi cukup
memberi kesimpulan pada pembaca.
Berikutnya, mungkin ini lebih tepat
sebagai koreksi terhadap penyunting. Ada kesalah ketikan pada nama Parwez di
halaman 71. Di sana tertulis ‘Pawez’.
Terakhir, dan ini yang paling penting
dan kurang logis menurut saya, plus mengurangi ‘bintang’. Yaitu pada narasi di
halaman 349 hingga halaman 351. Sejak cerita dimulai, saya yakin betul kalau sudut
pandang penceritaan di novel Pulang ini menggunakan sudut pandang orang pertama
(PoV 1), Bujang sendiri. Namun di beberapa halaman awal ditemui dua-tiga
paragraf yang menunjukkan seolah Bujang tahu segalanya. Khusus di tiga halaman
yang saya sebut di atas, keganjilan itu amat terasa. Pada adegan di mana Bujang
menelepon White.
Masih mengenakan celemek,
White mendekat santai, lantas menerima gagang telepon. (hal. 349)
“Kau harus pergi berperang White!” Frans yang menjawabnya dengan suara
masih bergetar dari atas kursi dorong,
.... (hal. 350)
Aku memutus sambungan telepon. White meletakkan gagang telepon, dia
berteriak memanggil koki dan pelayan restorannya, bilang dia harus segera
pergi. (hal. 351)
Bagaimana mungkin Bujang bisa tahu White
mendekat meraih gagang telepon dalam keadaan masih memakai celemek, atau Frans
si Amerika—ayah White duduk di kursi dorong? Sebutlah Bujang sudah hapal dengan tempat (restoran)
di mana White dan Frans berada, tetap saja itu terasa ‘berlebihan’. Mengingat prinsip
penggunaan PoV-1 yang—sepengetahuan saya—terbatas. Tidak segala hal dapat
dipaparkan, hanya ketika seluruh panca indera si orang pertama tersebut
terlibat. Atau, ini teknik lain? Bila iya dan bisa begitu, agaknya saya ingin ngelmu pada Tere Liye tentang ini.
Satu hal kecil lain, soal “samurai
sejati”. Tampak terlalu cepat dan mudah diraih Bujang. Sedangkan sebelumnya
kondisi Si Babi Hutan itu terancam, tak berdaya lalu setelah hampir terkena
khanjar si pengkhianat, dia terdiam lama. Dan, tiba-tiba ... dia mengerti
semua, dia temukan jawaban dari semua pertanyaannya, dia mendapatkan kunci
utama ilmu tertinggi dalam samurai. Lebih-lebih pada ucapan Bujang: Aku telah menjadi samurai sejati. Malam ini.
(hal. 389). Seketika hati saya berkomentar, ya, ampun, Mak ... sombongnya Bujang ini.
Dari semua pendapat saya tadi, secara
keseluruhan novel ini bagus. Bahkan di bagian sampul belakang, di bawah barcode, tertulis ‘Penunjang Kepustakaan
Umum’.
Catatan lain, sesudah novel The Road
to the Empire karya Sinta Yudisia dulu yang dari kacamata saya begitu filmis dan
terbayang-bayang serunya bila berbentuk movie,
barangkali novel Pulang ini adalah yang berikutnya, yang termasuk saya setujui pula
kalau hendak dilayar-lebarkan. Empat bintang untuk Pulang! Salam sukses! J
Peresensi: Dini Nurhayati, Sleman – D.I.Y
Rabu, 16 Desember 2015
[RESENSI] Rahasia Pelangi

My rating: 4 of 5 stars
Judul buku: Rahasia Pelangi
Penulis: Riawani Elyta dan Shabrina Ws
Penerbit: GagasMedia
Cetakan, tahun terbit: Pertama, 2015
Tebal: x + 326 halaman
ISBN: 979-780-820-3
:: Dua Konflik di Tesso Nilo ::
Anjani memiliki trauma masa lalu tentang gajah, kala masih anak-anak. Dan bertahun kemudian, saat dia beranjak dewasa, untuk membunuh traumanya, Anjani justru memutuskan menjadi seorang mahout. Dan Chay, salah satu mahout senior asal Thailand yang pendiam mengetahuinya juga. Bahkan telah diam-diam memerhatikan Anjani, sedari mereka bertemu pertama kalinya di Way Kambas.
Sama sekali tak ada rasa dari Anjani untuk Chay, tapi sejak ia membantu Chay menangani Rubi—gajah betina--yang hendak melahirkan pandangannya berubah. Bodohnya, Anjani tidak kunjung menyadari atau mau mengakui rasanya sendiri. Hingga satu rombongan kecil dari CWO (Change World Organization) berkunjung ke Tesso Nilo dengan tujuan survey untuk Forest Camp yang akan mereka adakan. Dan Rachel salah satu dari rombongan itu anehnya bisa cepat akrab bahkan setiap hari semakin dekat dengan Chay (hal. 98-103). Lalu Anjani malah semakin menjauhi Chay, juga lagi-lagi tanpa dia sadari, Rachel yang blasteran itu pun dia benci.
Membaca Rahasia Pelangi yang ditulis duet ini membuat saya bolak-balik membuka kertas termasuk mengamati lamat-lamat halaman ucapan terima kasih. Penasaran dengan bagian mana ditulis oleh siapa. Sebab dari penuturunnya tidak terlihat beda. Dari 'simbol' dedaunan dan atap tenda sirkus-lah, akhirnya dengan sok tahu saya simpulkan Riawani menulis bagian Rachel, sedangkan Shabrina bagian Anjani. Ya, novel ini memiliki dua sudut pandang penceritaan: Anjani dan Rachel.
Banyak hal yang membuat mata pun hati menghangat dari Rahasia Pelangi ini. Terlebih pada paragraf-paragraf yang mendeskripsikan perilaku gajah. Seperti saat Beno mengulurkan belalai, menepuk lembut kepala Anjani, menaburkan daun kering ke atas kepalanya, kala gadis itu dilanda resah. Benar-benar membuat saya ingin bersahabat juga dengan gajah.
Selain konflik hati Anjani, Rahasia Pelangi juga mengisahkan tentang konflik antara gajah-manusia. Saya bahkan secara khusus (didorong rasa ingin tahu) googling tentang Tesso Nilo. Konflik itu memang sering terjadi dan sudah sejak lama. Setting waktu novel ini pun di halaman awal-awal disebut pada tahun 2012. Dan image bagaimana iring-iringan Tim Flying Squad menghalau gajah liar berlatar hijaunya hutan pun dapat terbayang.
Dengan plot konflik itu juga, Rachel mengalami kecelakaan: diserang gajah liar. Anjani yang merasa bertanggung jawab akan kejadian itu, diliputi bersalah terus menerus.
Saya pikir, barangkali novel ini bisa dihadiahkan kepada para mahout di Tesso Nilo. Karena jika saya menjadi salah satunya, merupakan hal yang sangat berharga sekali bila keseharian kami bisa tertuang dalam novel.
Ah, kembali ke kisah Anjani dan Rachel, bagaimana akhir dari konflik hati mereka? Siapa yang kemudian bersama Chay? Konon, cinta jatuh tak pernah terlalu jauh .... (potongan quote di sampul muka novel) :)
Sleman, 11 Desember 2015
View all my reviews
Minggu, 06 Desember 2015
Aqidah dan Ibadah, Kado Terindah
[Resensi] Pendidikan
Anak usia Dini ala Luqman Al-Hakim
Judul Buku : Pendidikan Anak Usia
Dini ala Luqman Al-Hakim
Penulis : Sinyo dan Nuraini
Penerbit : Qibla, Imprint
Bhuana Ilmu Populer
Terbit : Februari 2015
Tebal : 121 hal
ISBN 10 : 602-249-886-4
ISBN 13 : 978-602-249-886-5
Harga : Rp. 38.000,-
Harga : Rp. 38.000,-
Mendidik anak merupakan hal tyang susah-susah mudah. Sengaja memakai frasa ini, dengan harapan (dan tentunya sebagaimana yang Allah swt janjikan) sesudah bersusah-susah akan memanen kemudahan.
Buku yang ditulis oleh sepasang suami istri ini, tidak terlampau tebal, hanya 121 halaman. Namun, bahasan yang ditulis di dalamnya bisa dikatakan berbobot. Sesuai judulnya, buku ini memang bedasar atau bersumber pada ajaran Lukman Al-Hakim tyang namanya diabadikan dalam Al-Quran, pada satu surat khusus, "Luqman" (surat ke-31, terdiri dari 34 ayat).
Berdasar surat Luqman, di sana ada pula pembahasan akhlak. Seperti berbuat baik kepada kedua orangtua (ayat 14-15); larangan angkuh, sombong atau membanggakan diri (atyat 18-19). Namun, dalam buku ini pembahasannya dibagi-masukkan ke poin aqidah dan ibadah. Ini justru dipaparkan runut di halaman awal-awal bersub-judul “Luqman Al-Hakim”. Padahal mungkin apabila soal akhlak ini dipisah dalam poin tersendiri, dapat dikupas dengan detil juga.
Pertama kali membaca judul buku ini, saya berharap ada referensi lebih tentang sosok Luqman Al-Hakim. Seperti tentang kisah-kisah lain yang menceritakan hidup dan kehidupan Luqman Al-Hakim beserta keluarga. Sebab memang (di kalangan masyarakat) hampir jarang terdengar soal sejarah Luqman Al-Hakim secara jelas dan lengkap.
Bagaimanapun buku ini, dari segi isi, memiliki banyak ilmu . Bahkan, meskipun soal utamanya adalah mengenai pendidikan atau parenting. Disebutkan pula dalam poin No. 1 “Hal Yang Perlu Dilakukan” di sub-judul aqidah yaitu berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri. Satu hal tak kalah penting untuk memperoleh keberkahan dari Allah swt akan generasi penerus qurani.
Selain mengupas aqidah dan ibadah, ada pula sisipan di halaman-halaman terakhir, bertajuk “Kasus-kasus Unik”. Berisi tentang beberapa hal pada anak beserta pemecahan masalahnya (berdasar pada pengalaman mengajar Bu Nuraini di PAUD). Di antaranya seperti, sering menggigit, iseng/jail, melakukan tindakan kekerasan, tidak mau makan sayur hingga kasus yang masuk kategori ‘berkebutuhan khusus’, semisal terlambat bicara, terlambat toilet training, depol (gede ngompol), selalu ingin membawa boneka, dll.
Pada akhirnya, semoga buku ini dapat menjadi penerang dalam hal parenting dengan ‘rasa’ berbeda bagi orangtua-orangtua di manapun berada. Aamiin.
Label:
Luqman Al-Hakim,
Non-Fiksi,
parenting,
Pendidikan,
Resensi
Langganan:
Postingan (Atom)